Masterclass Conducting via Twitter oleh Addie MS

Berikut ini rangkaian tweet mengenai conducting dari conductor kita Addie MS. Seperti kita ketahui seringkali rangkaian tweet yang berharga hilang begitu saja ditelan timeline, sehingga rasanya penting untuk mendokumentasikannya. Selamat membaca!

RT @addiems:

1. To begin with, conductor adalah the “ambassador” of the composers & “reperesentative” of the audience. Dia hrs mengawal naskah komponis..

2. Conductor berusaha menerjemahkan score/naskah yg dtulis komponis tanpa mengubahnya. Toscanini menyebutnya: come e scritto.

3. Stlh mempelajari naskah dg teliti, mmplajari aspek historis terkait dg karya tsb, cond. membentuk konsep artistiknya berupa interpretasi.

4. Interpretasi disini trmasuk penentuan tempo, konsep phrasing dll. yg prtimbangannya tdk bs lepas dr konteks waktu dmn karya itu lahir.

5. Cond hrs memilih musisi yg dilibatkan, merancang jadwal latihan, menyusun strategi latihan shingga bs trselenggara dg efisien n efektif.

6. Smua prsiapan cond sblm lthn tadi yg menentukan lancar/tdknya latihan. Jd, conductor “latihan” sblm latihan. Saat latihan, cond performs

7. Persiapan yg baik & penguasaan teknik conducting membuat lthn efisien n efektif. Maka, ada orkes yg latihan 10 hari, ada yg 2 hari.

8. Lucunya, kadang yg lthn 4 hari hasilnya lbh baik drpd yg 8 hari dst. Dgn musisi & repertoar yg sama. Kuncinya d persiapan n kesiapan cond

Krn itulah, ada ungkapan: tdk ada orkes yg jelek. Yg ada, cond yg tdk siap. There are no bad soldiers, just bad generals/officers.

9. Faktor musisi, hall, instrumen dll jg berpengaruh pd mutu performance. Tp cond pny hak menentukan strategi yg tepat u kondisi y ada.

10. Dgn daftar pemain yg ada pun cond sdh hrs menentukan repertoar yg realistis utk konfigurasi musisi tsb. Trmsuk mnentukan jmlh hari lthn.

11. Latihan trlalu bnyk bukan mmbuat performance lbh baik. Selain pemborosan, kondisi yg trlalu aman membuat musisi kehilangan excitement.

12. Sering cond memboroskan wkt dg bercerita hal2 yg tdk relevan, atau mengulang2 memainkan suatu frasa tnp jlskan apa yg ingin dicapai.

13. Pemborosan lain adlh mengulang2 keseluruhan karya tnp intensi yg jls. Stiap penghentian prmainan hrs sgra diikuti dg pnjelasan spesifik.

14. Kembali ke cond as the composer’s ambassador, dia hrs menghormati semua not/tanda2 yg ditulis komponis. Tdk bisa melenceng dr partitur.

15. Gunther Sculler dlm bukunya “Compleat Conductor” mengritisi bnyk cond. spt Toscanini, Karajan, Bernstein yg menurutnya sering “keluar”.

16. Contoh kontroversial adalah 5 bar pertama dr 1st mvt. Beethoven’s Symph No. 5. dimana menurut Gunther tlh diperlakukan scr tdk smestinya

17. Khususnya sejauh mana fermata kedua dieksekusi. Pendeknya, dia menekankan bhw cond shrnya menempatkan dirinya scr lbh proporsional.

18. Kembali pd awal sharing ini, dmn cond jg adalah sbg “representative” dr audiensnya, dimaksudkan dia hrs meyakinkan bhw…..

19. …audiens nantinya bisa menikmati karya2 yg dibawakan dgn sebaik2nya technically dan seindah2nya artistically, melalui latihan yg baik.

20. Krn itu, kepekaan conductor sngt penting. Bs dibayangkan kl penonton lbh peka drpd conductornya. Ekspektasi audiens tdk akan tercapai.

21. Bcr soal kepekaan, jelas cond. hrs peka trhdp nada/pitch/intonasi, timbre/warna suara,tempo & ritme. Semakin peka, latihan smkn efisien.

22. Tp dlm mengoreksi kesalahan, ada adabnya. Conductor pemula, kadang scr demontratif menunjukkan kesalahan seorg pemain. Showing off.

23. Tunjukan kesalahan dgn cara santun tanpa mempermalukan pemain. Dan jelaskan solusinya. Ingat yg memainkan musik bukan cond. tp musisi.

24. Respek pd musisi mnumbuhkan respek mrk pd sang cond. Saat musisi comfortable, mrk akan tampil dgn lbh optimal.

25. Umumnya cond. mulai dg mmpelajari intrmn musik. Zubin Mehta awalnya adlh pemain contrabass. Kmampuan main piano sngt pnting u bljr cond.

26. Conducting adalah bidang yg unik. Saat pianist belajar mainkan intrmn itu sjak kecil, umumnya conductor mulai bljr saat usia remaja.

27. Smua teori bs dipelajari. Tp sblm menemukan ansambel yg mau dipimpinnya, proses belajarnya tdk maksimal. Penting u praktek ssering mngkn

28. Job opportunity conductor mmng kcil. Bnyk faktor luck, slain bakat & krja keras. Kl Bruno Walter tdk sakit, mngkn Bernstein tdk spt skrg

29. Ada pattern gerakan dasar conducting. Conducting Grammar-nya Max Rudolf bgs. Tp pd akhrnya tiap conductor akan pny gayanya sndiri2….

30. Bgmn pun gaya cond. yg penting musisi mengerti pesannya. Richard Strauss gerakannya minim. Bernstein koreografis. Furtwangler ekspresif.

31. Teknik conducting sngt menentukan saat brhadapan dgn repertoar klasik dgn jumlah latihan yg sdikit.

32. Yg saya maksud dgn musik klasik di sini adalah art-music. Musik sastra. Bukan periode klasik, ya…

33. Conducting di musik pop tdk trlalu problematik, krn tempo umumnya stabil, rhythm sangat prominent. Di sini hrsnya conductor lbh phrasal.

34. Tdk perlu mengaba tempo dan ketukannya. Malah akan membingungkan musisi kl pulse conductor tdk sama dgn rhythm sectionnya.

35. Tangan kanan cond. umumnya mmperlihatkan ketukan/tempo dan irama. Kiri, lebih pd pemberian cue & ekspresi. Ekspresi wajah melengkapinya.

36. Kombinasi gerak tubuh, ekspresi wajah serta penjelasan verbal conductor di lthn adlh alat transmisi konsep sang conductor kpd musisinya.

37. Hrs diingat, conducting is an art of communications. Dgn istilah2 dan gaya yg muluk pun, blm tentu musisi menangkap keinginan conductor.

Sebaliknya,dg teknik conducting yg baik, penuturan yg lugas & jujur biasanya lbh efektif dlm mngarahkan musisi. Jgn lupa, respek pd mrk!

38. Kesalahan conductor bs tdk trlihat. Ksalahan musisi trdengar. Musisi tahu saat conductor salah. Akuilah saat lakukan ksalahan….

39. Saat konser selesai, cond hrs sadari bhw applause bukan hny u dirinya, tp u smua musisi & solis juga. Salami concert master u brtrmksih.

40. Kl prlu, minta musisi berdiri sbg gesture utk menunjukkan bhw ini semua adalh hsl krja keras musisi jg. Tnpa mrk, tdk ada conductor.

Sekian dulu sharingnya ya. Udah deg2an kerjaan makin memanggil2…. Silahkan kl ada yg mau menambahkan, krn aku sndiri jg msh blajar. Cheers

——— end RT

This entry was posted in tweets and tagged , , , . Bookmark the permalink. Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

One Comment

  1. Dewa Adrian
    Posted February 17, 2011 at 10:56 pm | Permalink

    great..mantap,gan…makasih.
    tadinya mau aku copas juga langsung dr tweets nya om Addie MS…mantaaaaaapppp… :) salam

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • Website Vokal Plus

  • Tweets

  • Advertisement

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.