Tangga Nada Mayor / Major Scale

Kita mengenal tangga nada do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Itu merupakan tangga nada mayor atau istilah internasionalnya major scale. Mari kita lihat dulu tangga nada C mayor, karena paling mudah dimengerti dengan tuts piano putih semua. ini gambarnya.

Kita bisa melihat tidak ada tuts hitam yang ditekan. Lalu perhatikan di bagian bawah ada 1 dan 1/2, itu adalah jarak langkah antar not, misalnya jarak C ke D adalah 1 langkah, dan jarak E ke F adalah 1/2 langkah.

Rumus 1-1-1/2-1-1-1-1/2 adalah rumus pasti tangga nada mayor. Sehingga untuk membuat tangga nada D Mayor, kita juga menggunakan rumus jarak terseut, berikut contohnya.

Nah kali ini tangga nada mayor ada nada yang menggunakan accidentals, itu dikarenakan untuk mengikuti rumus 1-1-1/2-1-1-1-1/2, mau tidak mau ada nada yang dirubah. Perhatikan, jarak nada E dan F adalah 1/2, jadi supaya jaraknya menjadi 1 langkah F harus dinaikkan setengah, jadi F#. Begitu pula dengan jarak B ke C adalah 1/2, sehingga pada tangga nada D ini untuk mengikuti rumus, C harus dinaikkan setengah menjadi C#.

Berikut contoh tangga nada lainnya, yaitu F Mayor.

Cobalah memainkan masing-masing tangga nada pada instrumen anda.

Untuk melihat berapa jumlah accidental pada tangga nada A, F#, dan lainnya, lihatlah circle of fifth.

This entry was posted in Teori Musik and tagged . Bookmark the permalink. Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

3 Comments

  1. Frank
    Posted November 19, 2010 at 5:22 pm | Permalink

    Gan, yang E mayor, G mayor, A mayor, sama B mayornya manah?

  2. Posted November 20, 2011 at 6:02 pm | Permalink

    kak mau nya gambar garis intervalnya kayak mana????
    misalnya c-d interval 1 kya mana??? donkk!!!!!

  3. Angelina
    Posted December 8, 2013 at 4:06 pm | Permalink

    Ma, mau tau intervalnya ? Intervalnya itu kayak gitu, cuma garis intervalnya tinggal kamu lengukin aja kok, Ma dan makasih ya buat masukannya jadi aku lebih ngerti lagi dan bisa kerjain tugasku yang belom masuk sama pak guru ^^ hehehehe….. Makasih skali lagi atas bantuannya ya ^^

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • Website Vokal Plus

  • Tweets

  • Advertisement

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.