Postur Dasar Vokalis

Postur yang baik adalah modal penting bagi vokalis agar dapat mengoptimalkan kerja vokalnya. Seperti halnya pianis yang melatih postur duduknya dan posisi tangan dan jari-jarinya, vokalis juga melatih postur tubuh untuk menyanyi. Postur penyanyi sangat berkaitan erat dengan kinerja organ pernafasan.

Pada dasarnya postur yang baik bagi penyanyi adalah postur yang aligned atau lurus tanpa harus terlalu tegak dan tetap relaks. Pada posisi berdiri, bayangkan titik tertinggi tubuh anda yaitu kepala bagian atas terkait pada seutas tali yang menggantung ke langit-langit sehingga posisi kepala anda tidak menunduk maupun mendongak, dada agak tinggi tetapi tidak membusung, bahu relaks, kaki terbuka selebar bahu. Postur dasar ini membuat kandang rusuk dan paru-paru leluasa mengembang serta saluran pernafasan membentuk silinder sehingga laju udara tidak terhambat.

Latihan yang cukup mudah adalah dengan menyandarkan punggung pada tembok, hingga bagian belakang tubuh dan kepala anda merata. Tetapi tetap harus terasa natural posisinya. Lalu ada baiknya juga bagi pemula untuk melihat posturnya di cermin, apakah terlalu membusung, terlalu bongkok, dsb.

“Lalu, bagaimana jika menyanyi di panggung? Masa harus lurus seperti itu, kaku dong.” Nah, kita bandingkan dengan latihan karate, ketika berlatih pukulan, posisi jari saat mengepal, posisi kuda-kuda, serta gerakan memukul diatur sedemikianrupa, namun saat sparing full contact tentu tidak harus begitu, tubuhnya yang sudah terlatih dengan otomatis mempertahankan kondisi optimal pukulan tersebut tanpa harus jadi kaku. Begitu pula dengan vokalis. Selamat berlatih!

This entry was posted in Vokal and tagged , , . Bookmark the permalink. Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

One Comment

  1. taufik
    Posted September 11, 2011 at 7:56 pm | Permalink

    thanks tips nya kak indra… :)
    dengan tips yg anda dedikasikan…saya jadi paham…. tapi problem saya ,,ketika saya bernyanyi dengan suara tinggi..nafas saya suka cepat lelah..tapi kadang2 kalo terus di paksakan malah kadang2 nukik..hehehe

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • Website Vokal Plus

  • Tweets

  • Advertisement

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.