Pernafasan: Diafragma – Paru

Ketika Anda menghirup nafas, bayangkan Anda mengisi paru-paru Anda dengan udara dengan mengisi bagian dasar terlebih dulu lalu terus ke atas seperti Anda mengisi botol minuman Anda dengan air. Ketika pernafasan yang Anda lakukan benar, maka Anda akan merasakan bagian tekanan di perut bagian depan, samping, bahkan belakang, ini yang dikenal sebagai pernafasan 360 derajat atau lebih populer dengan istilah pernafasan diafragma, di mana otot diafragma berkontraksi maksimal seiring dengan pernafasan.

Untuk mengetahui hal ini, posisikan pegangan Anda di perut bagian samping tepat di bawah rusuk dengan keempat jari-jari di depan dan ibu jari di belakang dan tarik nafas, usahakan agar bukan hanya perut bagian depan saja yang mengembang tetapi bagian samping dan belakang juga ikut mengembang, gunakan imajinasi Anda dan rasakan perbedaannya.

Diafragma adalah otot besar yang terletak tepat di bawah tulang rusuk terakhir, yang menempel di tulang belakang, tulang rusuk dan tulang dada. Otot diafragma adalah otot utama yang digunakan saat menghirup nafas, ketika otot diafragma berkontraksi, ia bergerak ke bawah, yang menyebabkan tekanan udara di dalam paru-paru menurun dan menyebabkan masuknya udara. Pergerakan otot diafragma menyebabkan pergeseran pada organ perut menyebabkan perut mengembang. maka sebaiknya kita tidak menahan perut kita saat bernafas untuk memaksimalkan pernafasan kita saat bernyanyi.

Untuk menghembuskan udara, hanya dengan melemaskan otot diafragma pada saat paru-paru sudah terisi penuh sudah cukup untuk mendorong udara keluar, namun untuk dapat menyanyi dengan baik, hal ini saja tidaklah cukup. Seorang vokalis sebaiknya mampu mengontrol tekanan udara di paru-paru, seberapa banyak dan seberapa cepat udara keluar masuk, dan bisa mempertahankan konsistensinya dengan menggunakan otot diafragma, inilah yang disebut sebagai support.

Banyak penyanyi yang mengeluhkan diri mereka memiliki pernafasan yang dangkal. Hal ini disebabkan karena pada saat menghirup nafas, mereka tidak mengisi paru-paru mereka dari bagian dasar ke atas, melainkan langsung mengisinya di bagian atas, hal ini dapat terlihat ketika dada dan bahu kita naik pada saat menghirup nafas. Usahakan untuk memperhatikan dan menghindari hal ini.

This entry was posted in Vokal and tagged , , . Bookmark the permalink. Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

21 Comments

  1. Posted December 24, 2009 at 9:40 pm | Permalink

    gi mana sich cara kita melatih suara kita agar lebih mempunyai ciri khas dan karakter

  2. Posted January 14, 2010 at 11:24 am | Permalink

    @chairul tawila
    ciri khas dan karakter adalah hasil pengalaman bertahun-tahun. rahasianya adalah mempelajari berbagai gaya musik hingga kita menemukan ciri kita sendiri.

  3. Posted February 27, 2010 at 12:50 pm | Permalink

    Thanks mas….
    saat ini aku belajar vokal..
    hehehe…
    pengen jadi vokalis+gitaris….
    Tapi kata orang-orang suaraku ga enak…
    bukan fals,…ga tau apa???
    GBu….

  4. yogie novrionandes
    Posted April 2, 2010 at 1:25 pm | Permalink

    mkasih bgt ya mas…. ni benar2 bermanfaat bgt …,saya juga uah latihan diafragma,cuman bingung aja …. gimana sih ciri2 yang dapat kita rasakan kal prnafasan diafrgama yg kita lakuin itu udah bener??????

  5. Posted April 2, 2010 at 1:45 pm | Permalink

    Sama-sama, trims udah baca. Cirinya adalah saat menghirup nafas, dada dan pundak tidak naik dan tetap di posisinya. Ciri berikutnya, saat menghirup nafas aktifitas paling banyak di area perut depan, samping, dan sedikit terasa di belakang.

  6. yogie novrionandes
    Posted April 3, 2010 at 11:38 am | Permalink

    kmaren aku latihan teknik diafragma ….abis latihan pinggang sama perut rsanya pegel ,brarti uda bener donk ya?? oya mas… kalo latihan teknik yg baik itu rutinnya gmana mas??

  7. Posted April 3, 2010 at 11:50 am | Permalink

    Mungkin pegal itu karena belum terbiasa. Tetapi aturan paling dasarnya kalau terasa tidak nyaman atau sakit jgn diteruskan. Tergantung durasi latihan, rutin latihan vokal yg baik adalah pemanasan 5-10 mnt, vokalisi 15-30 menit, repertoire 15 menit, pendinginan 5 menit.

  8. yogie novrionandes
    Posted April 3, 2010 at 4:15 pm | Permalink

    oo gitu …oya aku mo nanya lagi ni mas,kalo nafs kita yg cepet abis itu ngatasinya gimana mas?? bisa dibilang kluarnya tu terlalu boros …privat sama mas indra tempatnya dimana mas?

  9. Tio
    Posted June 1, 2010 at 8:18 pm | Permalink

    test…

  10. Tio
    Posted June 1, 2010 at 8:20 pm | Permalink

    saya mau tanya, saya adalah pencinta teknik falsetto..,dan apakah pernafasan diafragma dapat mempengaruhi power suara falsetto?

    terimakasih

  11. Juliano
    Posted June 3, 2010 at 7:54 am | Permalink

    Oh y mas sya ingin nanya dong ; pendinginan stelah bernyanyi itu dilakukannya gmana y mas? Soalnya yg sy tahu itu pemanasan atw vocalizing . Oh y mas , , bedanya high falsetto dgn whistle register apa mas ? Yg sy tw falsetto itu more powerfull n lower than whistle. Dan nada TERTINGGI yg masih bisa disebut falsetto itu note keberapa? Dan nada TERENDAH yg bisa disebut whistle register itu note kberapa? ? …. N cara ngeluarin whistle gmana mas ? Atw cara melatih serta mengontrolnya? ?

  12. indra
    Posted July 19, 2010 at 6:46 pm | Permalink

    gimana cara nya mempunyai suara yg khas dan mempunyai nafas yg panjang

  13. arya
    Posted October 8, 2010 at 1:56 pm | Permalink

    salam kenal infonya bgs bgt

  14. Posted March 24, 2011 at 12:23 pm | Permalink

    Trimakasih mas…..ijin copas….reblog!

    rada sedikit ga mudeng sih…hohoooo!

  15. diliawan
    Posted March 26, 2011 at 9:45 am | Permalink

    hebat sekali!!! ingin sharing dengan Anda!!

  16. radotdo
    Posted April 28, 2011 at 6:26 pm | Permalink

    terima kasih sekali, membuat saya semangat :D

  17. prabu vj6
    Posted July 28, 2011 at 8:48 am | Permalink

    awesome.. trimakasih.. ini sangat membantu saya..

  18. Posted May 26, 2012 at 3:20 pm | Permalink

    sebelumnya terima kasih atas info nya
    and saya mau tanya nich mas,
    kalo orng sich bilang suara saya lumayan bagus
    tapi kok kalau tiba pakai mic
    suara saya kagak enak baget kdngaran nya,?
    ap yg salah yha mas.?
    ap suara saya memang jelek.?

  19. iful
    Posted April 11, 2013 at 10:21 am | Permalink

    thankz bgetz ea 5z ne sangat brguna bgetz bgi q. . . . .

  20. abdi
    Posted April 18, 2013 at 3:20 pm | Permalink

    Makasih mas… Ini sngat menambah wawasan sya..:-)

  21. rifqi
    Posted December 10, 2013 at 7:04 pm | Permalink

    Jawaban yg bnar yg mna yh:
    A.diafragma mendatar sehingga rongga dada dan paru-paru mengempis
    B.diafragma mendatar sehingga rongga dada dan paru-paru mengembang
    C.diafragma melekung sehingga rongga dada dan paru-paru mengempis
    D.diafragma melekung sehingga rongga dada dan paru-paru mengembang

    Tolong yg pintar jwab yh

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • Website Vokal Plus

  • Tweets

  • Advertisement

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.