Tips Menyanyi Saat Flu

tissueZaman sekarang mudah sekali kita terkena serangan virus, apalagi saat tubuh sedang kurang fit. Musisi seringkali harus bekerja hingga larut malam, di tempat umum dan melakukan kontak dengan banyak orang, sehingga rentan akan penularan penyakit dari virus. Apalagi nanti saat musim hujan tiba, musisi harus pasang perlindungan ganda, apalagi vokalis yang menggunakan organ tubuhnya sebagai instrumen.

Bayangkan, anda harus menyanyi dalam sebuah konser tiga hari lagi, tetapi anda terserang flu, apa yang bisa anda lakukan?

Munculnya lendir, ingus, dan hidung mampet adalah mekanisme tubuh untuk membuang zat beracun dari dalam tubuh kita. Memberi pengobatan decongestant dapat mengeringkan saluran hidung kita, namun tidak menjadikannya sebagai proses pembuangan atau pembersihan. Selain itu pengobatan macam itu juga mengeringkan membran lendir termasuk pita suara kita. Maka dari itu, gunakan decongestant sebagai cara terakhir jika memang diperlukan.

Jika memang masih ada waktu, daripada penekan gejala flu, lebih baik mempercepat proses pembersihan zat beracun itu. Minum air yang banyak dan jus. Jus yang paling baik antara lain adalah jus yang mengandung vitamin C seperti jeruk, tetapi yang betul-betul fresh untuk hasil maksimal. Jika tidak suka jus, minumlah suplemen, vitamin C dan B kompleks dikenal paling bagus dalam melawan flu.

Selain lendir dan ingus, biasanya gejala lainnya adalah tenggorokan gatal dan batuk yang akan menyebabkan iritasi pada pita suara. Salah satu cara yang cukup populer untuk melawan ini adalah dengan menghirup uap. Isi mangkuk dengan air panas, lalu hirup uapnya sambil menaruh handuk di atas kepala. Hal ini akan melegakan saluran mampet di saluran pernafasan serta melegakan pita suara. Namun hati-hati airnya jangan terlalu panas, secukupnya saja.

Satu trik lainnya adalah dengan cara-cara “rumahan” yang banyak direkomendasikan walau secara medis mungkin tidak ada, misalnya berkumur dengan air garam, hal ini dapat membantu membuang slem pada pangkal tenggorokan anda, karena konon garam menyerap cairan. Kadar garamnya secukupnya, jika ada garam yang menumpuk di dasar gelas, berarti terlalu banyak. Teh hangat (herbal) dan madu juga bisa membantu, mereka dapat melegakan pita suara kita walau sebetulnya cairan tidak akan menyentuh pita suara karena salurannya berbeda dengan saluran yang dilewati cairan yang kita minum, namun tidak secara langsung memiliki efek melegakan.

Nah, agar suara kita siap untuk bernyanyi lagi, lakukanlah pemanasan yang ringan. Humming adalah cara pemanasan yang terbaik apalagi saat kondisi vokal kita belum fit. Lakukan humming di range yang nyaman, jangan memaksakan humming terlalu tinggi atau rendah. Beberapa saat menjelang saat untuk tampil, tidurlah sebanyak-banyak, istirahat. Saat hari H telah tiba, bangun dan lakukanlah olahraga ringan untuk melancarkan aliran darah kita. Mandi dengan air hangat. Fokuskan pikiran anda kepada saat tampil nanti.

Selamat mencoba!

This entry was posted in kesehatan, Vokal and tagged , , . Bookmark the permalink. Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

4 Comments

  1. endow
    Posted August 14, 2009 at 2:23 pm | Permalink

    mas,larangan2 apa aja siy yang bisa bikin vokal kita jelek?
    makanan minuman apa?

  2. Posted August 14, 2009 at 2:41 pm | Permalink

    yang jelas tidak dianjurkan merokok. kalo deket2 mau nyanyi, hindari konsumsi produk susu seperti susu, keju, lalu hindari juga kopi dan makanan berminyak dan pedas. minum air putih yang banyak.

  3. fira
    Posted August 29, 2009 at 12:31 am | Permalink

    Selain tips untuk bs nyanyi, ini sebenernya jg tips utk bs cpt sembuh by dr.Aziz…:)
    Ajarin g nyanyi dooong…free trial dl ya…g mau jd wedding singer jg niy…huehuehue…

  4. Elge_maria
    Posted November 24, 2010 at 9:53 am | Permalink

    infonya bgs banget, jadi mkin tahu gmana jaga suara… thanks ya

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • Website Vokal Plus

  • Tweets

  • Advertisement

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.