Sejarah Singkat Saxophone

Sejarah Singkat Saxophone
oleh: Indra Aziz

Saxophone adalah alat musik yang masuk dalam kategori aerophone, single-reed woodwind instrument. Saat ini saxophone sangat popular digunakan dalam musik jazz, dan memiliki berbagai jenis dengan range yang berbeda-beda.

Saxophone berasal dari Belgia, dibuat oleh seorang pemain clarinet dan pembuat alat musik bernama Adolphe Sax pada awal tahun 1840. Tentang bagaimana munculnya ide pembuatan Saxophone sendiri tidak jelas, dan para ahli menyimpulkan bahwa salah satu kemungkinan adalah Saxophone lahir dari hasil eksperimen Sax dengan berbagai Clarinet, Adolphe Sax juga terkenal dengan desain ulang Bass Clarinet, dengan dua register instrument yang terpisah satu oktaf.

Walau menurut penelitian Saxophone lahir pada tahun 1841, namun lebih tepat jika tahun kelahirannya adalah pada saat Sax mempatenkan ciptaannya itu pada tahun 1846. hak paten Sax mencakupi 2 keluarga Saxophone yaitu keluarga orkestra (in C dan in F) dan keluarga band (in Bb dan in Eb).

Klasifikasi Saxophone

Orchestral Band
Sopranino in F Soprano in C Alto in F Tenor in C Baritone in F Bass in C Contrabass in F Sopranino in Eb Soprano in Bb Alto in Eb Tenor in Bb Baritone in Eb Bass in Bb Contrabass in Eb

Hanya beberapa dari isi table di atas yang dibuat pada saat Sax mempaten karena ada pendapat yang mengatakan bahwa pada awalnya Sax berniat membuat Saxophone sebagai instrument tenor/bass.

Pengunaan Saxophone ini pertaman kali muncul ke permukaan oleh sahabat dari Sax yaitu Hector Berlioz pada tahun 1942. pengunaannya di orkestra sangat jarang, hanya beberapa composer klasik yang menggunakannya seperti Berlioz, Maurice Ravel, dan composer Jerman Richard Wagner.

Saxophone Yamaha

Saxophone Yamaha

Perkembangan teknis dari Saxophone ini dapat dibagi menjadi dua fase yaitu pada saat hak paten Sax masih berlaku dan sesudahnya. Pada fase pertama, perubahan dan perkembangannya berjalan lambat, dan mekanisme saxophone lebih sederhana, lebih mirip kepada clarinet. Namun setelah hak paten habis pada tahun 1866, muncul banyak pembuat Saxophone yang akhirnya mengakibatkan perkembangannya yang lebih cepat secara teknis. walau begitu, dalam 150 tahun perkembangannya, fondasi dasar Saxophone tidak banyak berubah dari desain awalnya. pada awalnya saxophone banyak digunakan dalam band militer. Hingga memasuki 1900-an, saxophone secara perlahan mulai banyak digunakan, salah satunya dalam pertunjukkan Vaudeville dan dance band mengantikan violin.

Sampai saat ketika musisi Jazz mulai melirik saxophone, dengan mengaplikasikan phrasing dan attack dari trumpet. Sekitar tahun 1920-an, dengan tokoh seperti Sidney Bechet, dan Coleman Hawkins. Lalu disempurnakan pada tahun 1930-an dengan Lester Young, lalu muncul Charlie Parker. Musisi yang disebutkan di atas bereksperimen dengan berbagai tone dan suara dari saxophone hingga teknik bermainnya berkembang seperti saat ini dan menjadikan saxophone menjadi alat musik yang sangat popular.

Saat ini saxophone yang paling umum digunakan adalah Soprano (Bb), Alto (Eb), Tenor (Bb), dan Baritone (Eb).

This entry was posted in Tulisan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

7 Comments

  1. Regina d' Prayoga
    Posted March 16, 2009 at 2:58 pm | Permalink

    Kak,,
    Aq, salah satu pemain BARITONE di Mrchng Bnd, Aq kurang ngerti, gemana sh, sejarahnya BARITONE?? Sma gk, BARITONE ma SAXOPHONE??
    tLg jlasn y kak,,
    Makasih,,

  2. Posted March 17, 2009 at 6:06 pm | Permalink

    Hi Regina, kalo yang kamu maksud adalah baritone saxophone, berarti sama saja. Hanya perbedaannya di range nada. Seperti ditulis, saxophone ada beberapa macam, tetapi semua itu sama-sama saxophone. Kamu bisa search Gerry Mulligan di Youtube untuk lihat contoh pemain baritone jazz.

  3. Ramadhan
    Posted January 16, 2010 at 8:00 pm | Permalink

    Kalo kata guru aq sich, bung adolphe bikin saxo karna dia pengen bikin instrumen yang biasa menjadi leader seperti terumpet(brass) tapi selembut Clarinet(woodwinds),, hee

  4. refia
    Posted November 20, 2010 at 10:08 am | Permalink

    Hai kak indra.. Salam kenal kak.. Saya boleh minta cp manager kak indra? Mau ada acara kak.. Bales ya kak. Tq

  5. Bernedict
    Posted September 27, 2011 at 3:44 pm | Permalink

    hallo kak indra..aku seorang mahasiswa musik..dan aku tingkat akhir,aq mau angkat saxophone dlm karya tulis aku..aku mau ijin untuk masukin sedikit info dr artikel ini…boleh atau tidak kak.?thx before..

  6. faishal ahmad
    Posted October 3, 2012 at 10:37 am | Permalink

    assalamualaikum, kak saya faishal dari bandung, begini kak kalo saxo itu jenisnya ada apa saja kak. makasih :)

  7. erizco
    Posted November 17, 2012 at 11:34 pm | Permalink

    bro,saya izin cuplik paragraph awal untuk tugas boleh ? nanti web ini saya link juga boleh ? terima kasi sebelumya

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • Website Vokal Plus

  • Tweets

  • Advertisement

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.