Postur Penyanyi

Postur Penyanyi
oleh: Indra Aziz

1. Latihan Fisik Untuk Vokalis
Latihan berikut bertujuan untuk membantu kita melakukan pemanasan dan relaksasi tubuh sebelum melakukan latihan menyanyi.

Berdiri tegak dengan kedua tangan di samping, bernafas secara normal, dan biarkan kepala dan pundak dalam keadaan relaks setiap saat.

Turunkan dagu ke arah dada, lalu mulailah melakukan gerakan memutar leher dan kepala ke kiri, lalu ke atas dan belakang (sedikit saja), ke kanan, lalu kembali ke posisi bawah sepeti semula agar gerakan membentuk lingkaran. Lakukan ini seraha jarum jam dan sebaliknya masing-masing 5 kali.

Naikkan pundak ke arah kepala, perlahan lakukan gerakan memutar ke belakang, ke bawah, lalu ke depan, ulang gerakan ini 5 kali setelah itu lakukan ke arah yang berlawanan. Setelah selesai, goyangkan tangan untuk melepaskan ketegangan.

Bungkukkan tubuhmu ke bawah sejajar dengan pinggang dengan tangan dibiarkan jatuh ke lantai, lalu perlahan naik ke posisi tegak dengan tangan bergerak ke atas kepala sehingga lurus ke atas, lalu gerakan tangan ke arah samping secara perlahan sampai kembali kepada posisi semula. Lakukan latihan ini 5 kali.

Sambil menjaga kepala tetap relaks dan menghadap ke depan, buka mulut dan menguap, lakukan hal ini 2 kali, setelah itu tarik nafas panjang sepanjang 5 hitungan dan hembuskan nafas perlahan selama 15 hitungan.

2. Postur Duduk yang Baik

2.1. Tujuan
Tujuan melatih postur duduk yang baik dalam berlatih dan/atau performance antara lain adalah :
A. Bernafas dengan baik, adalah salah satu hal yang terpenting untuk dimiliki seorang musisi.
B. Posisi duduk yang benar memberi informasi kepada kondaktor bahwa kita dalam keadaan yang siap.
C. Terlihat professional sama pentingnya dengan terdengar professional.

2.2. Langkah duduk yang baik
A. Berdiri tegak di depan kursi anda sehingga bagian depan kursi menyentuh bagian belakang kaki anda.
B. Menjauh sekitar 1/4 langkah dari kursi.
C. Dalam satu gerakan yang halus dengan tatapan tetap tertuju kepada conductor duduk di 1/3 bagian kursi, setelah duduk jangan bergerak mundur atau bergeser lagi, dengan posisi duduk yang seimbang, memudahkan anda untuk berdiri kembali dengan gerakan yang halus.
D. Setelah dalam keadaan duduk, bayangkan ada seuntai tali terpatri pada bagian atas kepala anda dan langit-langit.

Posisi duduk dengan baik akan membuat tubuh anda mudah bernafas juga mata anda lebih mudah untuk melihat conductor selain itu juga menjaga tenggorokan anda terus terbuka. Posisi duduk yang baik ini akan memberikan display profesionalisme kepada penonton. Hal di atas penting untuk kesuksesan sebuah pertunjukkan musik.

3. Posisi Tubuh Saat Bernyanyi
seorang vocalist menghasilkan suara dari pita suara, dengan bantuan lidah, tenggorokan, paru-paru, diafragma, serta rongga-rongga wajah dan tubuh. Maka penting sekali untuk memperhatikan posisi dan gerakan tubuh dan wajah saat bernyanyi untuk memaksimalkan kinerja instrumen vocal tersebut.

Beberapa hal yang penting untuk diperhatikan antara lain :
A. Mata selalu memandang ke depan, karena pandangan mata ke arah lain dapat menghambat proses bernyanyi.
B. Otot wajah dalam keadaan relaks. Rasakan bahwa dalam bernyanyi rongga-rongga wajah berfungsi sebagai resonance chamber.
C. Tubuh tegak, untuk mengkondisikan tenggorokan dan saluran udara terbuka membentuk silinder dan memudahkan laju udara.
D. Kaki sedikit terbuka sejajar dengan pundak.
E. Kepala dan leher dalam keadaan tegak lurus.

This entry was posted in Vokal and tagged , , , . Bookmark the permalink. Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

2 Comments

  1. Abiee
    Posted November 17, 2009 at 11:04 am | Permalink

    wah bgus banget blognya, w sneng bngt bacanya, saya tu udah sering nyanyi2 dari kecil, tapi sampe sekarang masih susah buat ngejangkau nada2 yang tinggi, apa memang pita suaranya gak ngajangkau atau gmana, kalau berkenan minta penjelasannya dunk ke email atau di artikel ini. makasih sebelumnya.

  2. Posted November 18, 2009 at 8:55 am | Permalink

    @Abiee nada tinggi bisa dilatih, namun tetap saja setiap manusia memiliki range suara masing-masing, sopran, alto, tenor dan bas. dengan latihan rutin, range suara kita akan meluas.

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • Website Vokal Plus

  • Tweets

  • Advertisement

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.